NKRI adalah Model Khilafah ala Indonesia

NKRI ADALAH MODEL KHILAFAH ALA INDONESIA image: dakwahmedia.web.id

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Kata khilafah berasal dari kata dasar kholafa yang artinya di belakang, dan Al-Qur'an menyebutnya kholfun pada Surat An-Nisa ayat 9.
وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

Terjemah Arti: Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.
Referensi

Gramatika bahasa Arab menempatkan istilah khalifah sebagai isim fa'il atau subjek pelaku yang mewakili generasi penerus estafet kepemimpinan manusia di muka bumi seperti yang disebut pada Surat Al-Baqarah ayat 30.
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى ٱلْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوٓا۟ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّىٓ أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ
"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata: Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Tuhan berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Contoh terbaik khilafah (generasi penerus) adalah kekhilafahan pada masa para sahabat Rasulullah SAW yang terkenal dengan sebutan khulafaaur-raasyidin (para pemimpin yang memiliki kecerdasan di berbagai bidang dan kedewasaan sikap yang matang dan keteladanan akhlak mulia yang paripurna)

Masa khulafaaur Raasyidin adalah masa-masa terbaik sistem pemerintahan dan kepemimpinan di level dunia pasca wafatnya Rasulullah SAW, dan tidak akan pernah ada lagi masa tersebut hingga sekarang.

NKRI adalah model kekhilafahan ala Indonesia yang telah memberikan perlindungan selama 72 tahun di alam kemerdekaan kepada seluruh komponen bangsa yang terdiri dari berbagai suku, ras dan agama yang berbeda, namun terikat dalam satu kesatuan kebangsaan, satu kesatuan tanah air dan satu kesatuan bahasa, yaitu Indonesia.

Jika kesadaran sebagai bangsa yang besar telah tertanam dan tetap terus tumbuh di dalam jiwa bangsa Ini, maka tidak ada alasan lagi untuk merubah sistem kenegaraan dan tata pemerintahan yang sudah teruji puluhan tahun sejak bangsa ini merdeka.

Yang perlu terus digaungkan adalah semangat yang tinggi untuk tetap menjaga Pancasila sebagai dasar negara dari bingkai besar kebangsaan bernama Indonesia. Alangkah sayangnya jika kebiasaan kabilah (kelompok suku) di Jazirah Arabia yang mempunyai tradisi perang di antara mereka akan diimpor ke negeri kita. Apa artinya kunjungan berbagai negara lain ke negeri kita hanya untuk melihat bagaimana sebenarnya yang terjadi dengan kerukunan dan toleransi yang sudah terjalin selama ini, padahal notabene bangsa kita terdiri dari ribuan suku bangsa yang tersebar di seluruh pulau besar maupun kecil, namun di hati dan jiwanya bertahta sebuah nama, Indonesia.

JIka pun mayoritas penduduk di negara ini memeluk agama Islam, maka orang Islam memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk mengawal jalannya roda pemerintahan agar cita-cita sebagai bangsa yang besar dapat segera diwujudkan.

Musuh bersama bangsa ini adalah radikalisme, terorisme sebagai faham dan merajalelanya tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh oknum pejabat penyelenggara negara yang terus menerus menanam kerakusan dan keserakahan dalam hatinya.
Bandung, 14 Juni 2017

Silakan bagikan tulisan ini di akun sosial media Anda supaya teman-teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "NKRI adalah Model Khilafah ala Indonesia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

top