Merenungkan Indonesia Raya


Bismillaahirrohmaanirrohiim

Bukan tanpa alasan jika pada upacara kenegaraan, upacara di lapang sekolah dan di kantor-kantor pemerintah, Lagu wajib berjudul Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan diperdengarkan dengan mengharuskan siapa pun pendengarnya untuk berdiri, tak terkecuali jabatannya Presiden, gubernur, walikota, kepala dinas, kepala sekolah, Aparatur Sipil Negara dan Pelajar serta mahasiswa.

MERENUNGKAN INDONESIA RAYA

Bait demi bait dikumandangkan, syair serta lirik lagu wajib itu menyentuh kedalaman hati, merasuk ke dalam rasa, menembus di hulu sukma, Indonesia Raya, sebuah cita-cita bangsa besar yang menghuni gugusan kepulauan di antara dua lokasi benua Asia dan Australia yang secara geopolitik dan geostragis menjadi sebuah wilayah paling strategis, pun secara sosio ekonomi dan kultural..

Sebuah anugrah terbesar dari Penguasa Semesta Raya untuk bangsa ini bernama Indonesia, 3000 kepulauan tersebar di 17 ribu titik pulau besar dan kecil, yang diikat oleh garis tengah lintasan matahari menjdikannya bak untaian indah khatulistiwa yang melahirkan dua musim kemarau dan penghujan serta hitungan jam yang terbagi menjadi dua waktu siang dan malam yang seimbang.

Tak ada negeri seindah dan seelok Indonesia, di sanalah tertumpah seluruh darah dari berbagai suku bangsa, melahirkan ratusan ribu bahasa, menjadi ratusan ribu budaya penuh pesona dan terbelalaklah seluruh dunia, ketika mengetahui ribuan destinasi wisata berada di sini, di Indonesia, negeri nusantara yang teramat kaya dengan pesona.

Dari ujung barat pulau kecil Sabang, sebagai pulau terluar di wilayah barat Sumatera, lalu gugusan baris pegunungan yang berkelok-kelok memenuhi Sumatera pulau besar yang dulunya dijuluki pulau andalas. Belum lagi sungai-sungai besar dan kecil yang menghiasi jalur utara dan selatan Sumatera, yang bermuara ke laut lepas Hindia, dihiasi oleh barisan panjang pantai-pantai indah.

Pulau besar lainnya adalah pulau Jawa, dengan populasi 60% dari seluruh wilayah nusantara. Lalu pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, adalah lukisan indah Maharaja Semesta. Lengkap sudah keindahan yang diciptakan untuk bangsa ini.

Urainium, titanium, emas, perak, tembaga, intan, nikel, besi, dan kandungan sumberdaya logam lainnya tersebar memenuhi untaian zamrud yang semakin menampakkan kilau keindahannya, membuat negara-negara lain iri hati, cemburu, dengan keindahan Indonesia.

Itulah INDONESIA RAYA

Bandung, 12 Desemver 2017

bersambung

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url