Doa yang Dianjurkan Dibaca di awal 10 hari Bulan Ramadhan

Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Adalah 10 hari pertama pada bulan Ramadhan yang dijanjikan Rasulullah penuh bertabur rahmat, sehingga beliau menganjurkan untuk rajin membaca do'a "Alloohumma innaka 'afuwwun kariim, tuhibbul afwa fa'fu a'nnii". Artinya: "Ya Allah Engkaulah pribadi yang pemaaf dan sosok yang mulia, Engkau mencintai maaf, maka maafkanlah aku".

Malam bertabur Rahmat image: ilmfeed.com

Sekilah anjuran Rasulullah SAW ini sangat sederhana, namun janganlah lupa bahwa Baginda Rasulullah SAW adalah pribadi yang sangat dicintai oleh kekasihnya yaitu Allah. Allah banyak sekali memberikan wahyu kepada Rasulullah SAW sebagai bukti kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Jika kita sedikit menguraikan kata "afwu". yang artinya maaf, tentu saja jauh berbeda dengan kata "istighfar" yang artinya ampunan. Lalu mengapa Allah melalui lisan Rasulullah SAW menganjurkan kata "afwu" sebagai pengisi 10 malam pertama di bulan Ramadhan?

Jawabnya sangat sederhana, karena Allah mengistimewakan bulan Ramadhan. Ramadhan adalah bulan yang mewah, Allah memberikan kemewahan kepada umat Islam hanya pada bulan Ramadhan. Mungkin tak terasa kalau pada bulan Ramadhan ini Allah mengatur secara disiplin waktu bangun, waktu tidur, waktu makan, waktu ibadah, waktu bekerja, yang kesemuanya penuh dengan nuansa yang khidmat dan bahagia. Belum lagi penggandaan amaliyah Ramadhan yang oleh Allah dicopy paste berkali-kali nilai pahalanya, bahkan untuk pekerjaan sepele seperti tidur pun Allah memberikan apresiasi yang cukup tinggi, betapa sangat memanjakannya Allah untuk umat Islam pada bulan Ramadhan. Hingga pada 10 malam kedua Allah menyiapkan maghfirah dan 10 malam terakhir Allah menyiapkan surga Firdaus untuk kita pinta. Sungguh fasilitas yang teramat mulia dan tak terkirakan.

Kata "afwu" biasanya digunakan sebagai ucapan maaf antar teman, saudara, kerabat dan handai taulan, dan istighfar hanya dipersembahkan kepada Allah sebagai Pemilik ampunan. Dan karena teristimewanya bulan Ramadhan, Allah ingin menyampaikan sosok pribadinya yang sangat mencintai keharmonisan dalam hubungan antara Khalik dan mahluk-Nya, sehingga Allah mempersilakan umat Islam untuk menggunakan "'afwu atau afwan" sebagai permohonan maaf seperti kita dengan sesama kawan.

Jadi berlombalah berdoa sebanyak mungkin dengan melafalkan "Alloohumma innaka 'afuwwun kariim, tuhibbul afwa fa'fu a'nnii". Selagi waktu 10 malam pertama Ramadhan masih tersisa cukup. Sebab berbagai discount dan bonus dahsyat sedang disiapkan di bulan mulia ini,

Semoga bermanfaat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url