Mendapatkan Kemuliaan Laylatul Qodar

Bismillaahirrohmaanirrohiim



Kemuliaan Laylatul Qodar
image : www.alfiansyahanwar.com

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Inna anzalnahu fee laylati alqadri
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur′an) pada malam kemuliaan

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ

Wama adraka ma laylatu alqadri
Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Laylatu alqadri khayrun min alfi shahrin
Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ

Tanazzalu almala-ikatu waalrroohu feeha bi-ithni rabbihim min kulli amrin
Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Salamun hiya hatta matlaAAi alfajri
Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Sebuah keniscayaan pada bulan Romadhon adalah malam laylatul qodar. Malam yang penuh penentuan, sarat perhitungan dan dipadati oleh keberkahan.

Malam laylatul Qodar adalah malam yang dipadati oleh keberkahan sebab semua kabinet pemerintahan dan para pembesar Allah mendapat ijin untuk turun dari dimensi langit ke bumi untuk memenuhi do’a para hamba Allah yang terjaga, untuk memastikan bahwa siapa pun yang berdo’a, termasuk meminta diberikan surga yang penuh dengan kenikmatan, akan diberikan oleh Allah.

Ada kata khoirun, atau diterjemahkan dengan lebih baik dari seribu bulan untuk memfokuskan manusia agar menjadi bagian yang termasuk ke dalam golongan hamba yang mendapatkan kemuliaan di malam laylatur qodar.

Jika para pemburu laylatul qodar hanya memfokuskan pada satu malam saja, dan mengabaikan malam-malam lainnya, terutama di 10 malam terakahir, maka potensi mendapatkan bagian anugerah malam yang niainya lebih dari 1000 bulan sangat kecil. Namun bagi mereka yang menyiasati seluruh malam pada bulan Romadhon dengan mengisi dan menghiasinya dengan beribadah malam, maka potensi menjadi bagian dari hamba yang mendapatkan anugerah malam yang nilainya lebih dari seribu bulan sangat terbuka dan memungkinkan.

Allah menyimpan satu malam terbaik di bulan suci Romadhon dengan harapan agar seluruh hamba-Nya berbuat dan beramal lebih baik pada seluruh siang dan malamnya. Allah tidak mengharapkan hamba-Nya hanya fokus pada satu malam dengan mengabaikan malam-malam lainnya, sehingga untuk menggiring hamba-Nya, pada 10 malam pertama menjadi malam penuh rahmat, 10 malam kedua menjadi malam penuh ampunan, dan 10 malam terakhir adalah malam penentuan, yang pada salah satu malamnya sertifikasi sebagai hamba yang meraih predikat muttaqien akan diberikan setelah ia menjalani tahap-tahap menjadi hamba yang berada di level shobiriin, mukhlishin, mardliyyin dan muhsiniin.

Hanya satu malam yang nilainya lebih dari 1000 bulan, maka pemahaman logisnya, malam-malam di rangkaian 10 malam terakhir adalah juga malam-malam yang nilainya menyaingi atau mendekati nilai malam 1000 bulan. Bedanya hanya pada saat malam laylatul qodar, seluruh kabinet pemerintahan dan para pembesar Allah turun dari langit ke wilayah bumi, dalam jumlah kelompok yang teramat besar dan banyak, sehingga pada malam itu semua hamba yang dari awal Romadhon mengisinya dengan amal perbuatan dan ibadah yang baik dan banyak, akan mendapatkan.

Malam laylatul qodar adalah siklus yang terus menerus dan berulang-ulang terjadi setiap tahun, dengan maksud untuk memberikan kesempatan kepada manusia agar mendapatkan nilai dan derajat ibadah yang sama dengan ibadah lebih dari 1000 bulan.

Semoga bermanfaat

Bandung, 12 Juni 2018

© Madyo Sasongko

Silakan bagikan tulisan ini di akun sosial media Anda supaya teman-teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mendapatkan Kemuliaan Laylatul Qodar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

top