Sebarkan Ucapan Salam, Assalaamu’alaikum

Sebarkanlah salam

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Assalaamu ‘alaikum Wr. Wb.

عن عبدالله بن سلام قال:قال رسولله رسول الله صلى الله عليه وسلم: ياايهاالناس,: افشوالسلام وصلواالارحام واطعمواالطعام وصلوابااليل واناس نيام تدخلوالجنة بسلام. (أخرجه الترمذى وصححه)

Dari Abdullah bin Salam ia berkata, telah bersabda Rasulullah SAW; "Hai manusia, siarkanlah salam dan hubungan keluarga-keluarga dan berilah makan dan shalatlah pada malam ketika manusia tidur, niscaya kamu masuk syurga dengan sejahtera." (dikeluarkan oleh Tirmidzi dan ia menshahihkannya)

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi ini begitu populer, disamping singkat juga padat berisi perintah menyebarkan salam, gampang sekali ya, padahal maksud Baginda Rasulullah SAW bukan hanya sekedar mengucapkan assalaamu ’alaikum.

Salam, sebuah kosa kata yang diambil dari bahasa Arab salaamun, kata asalnya adalah salima yang artinya selamat, berserah diri atau pasrah atau juga bisa diartikan damai. Salaaman atau salaamun atau juga salaamatan sebagai kata jadian bisa diterjemahkan sebagai kepasrahan, kedamaian atau keselamatan.

Sementara itu kata "Islam" adalah kata bentukan dari kata dasar aslama yuslimu islaaman. Aslama artinya menyelamatkan dan Islam diterjemahkan sebagai kondisi yang penuh keselamatan, kedamaian, kepasrahan, orangnya disebut muslim artinya orang yang memberi keselamatan, kedamaian, atau orang yang berserah diri –demi mencapai keselamatan dalam hidupnya---.

Mengapa Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk menyebarkan salam? Naah, jika usia kita masih belum berumur dewasa, pikiran sederhana memang tertuju pada kalimat assalaamu alaikum. Sementara kita yang sudah berumur dan sangat pantas disebut dewasa, hendaknya lebih memahami kedalaman serta muatan perintah Baginda Nabi SAW tentang menyebarkan salam.

Perintah yang diberikan Rasulullah dalam menyebarkan salam, hukumnya wajib, artinya masing-masing individu yang merasa muslim punya kewajiban tidak semata-mata hanya menyebarkan kalimat assalaamu ’alaikum, tetapi lebih dari itu, ialah mengkondisikan lingkungan sekitarnya penuh keselamatan, kedamaian, kenyamanan dan ketentraman. Singkat kata kalimat assalaamu ’alaikum adalah kalimat yang di dalamnya mengandung muatan kewajiban untuk berupaya terus menerus dan berkelanjutan menciptakan suasana dan kondisi yang aman, tenteram, damai, tenang sehingga lingkungan terkecil yaitu diri kita, tetangga, sampai masyarakat terbesar dari bangsa ini selalu berada dalam kondisi penuh keselamatan.

Kalimat assalaamu dengan wazan (bentuk) kalimat menggunakan alif lam makrifat mengandung makna yang sudah disepakati dan ditetapkan, artinya keselamatan, kedamaian dan ketentraman yang dimaksud memiliki komponen-komponen penunjang secara lahir maupun kondisi batin. Menciptakan rasa aman, penuh damai, suasana yang memuat pikiran tentram dan hati tenang, bukan saja menjadi kewajiban pemerintah, namun hal itu bisa dilakukan oleh semua orang. Tentu saja dengan mengacu pada koridor dan kaidah-kaidah serta ketetap yang sudah diberlakukan.

Kebaikan, kejujuran, keteguhan, kesabaran, kecermatan, ketelitian, kepatuhan dan ketaatan adalah sifat-sifat hati yang akan menunjang terciptanya kondisi lingkungan yang aman, damai dan tenrram serta nyaman. Sebaliknya sifat-sifat buruk seperti kejahatan, kemunafikan, ketergesa-gesaan, kecerobohan, pengkhianatan dan pengingkaran terhadap kebenaran serta keserakahan/kerakusan akan menjadi sumber pemicu terciptanya kondisi lingkungan yang buruk dan berdampak negatif bagi kesehatan ruhani dan kebugaran batin.

Barangkali dengan pemahaman sepintas, para pembaca serta sahabat semua dapat mengambil kesimpulan serta hikmah yang ada dalam tulisan sederhana ini. Marilah sedikit demi sedikit kita membangun sifat-sifat baik agar kedamaian minimal dalam diri kita tercipta, dan membuang sifat-sifat buruk agar di dalam semesta diri tidak terbelenggu oleh kemacetan dan lalu lintas hati dan pikiran, atau lebih jauh kerusuhan yang ada dalam palung jiwa kita. Semoga.

Walloohu a’lam bishshowwaab.

Bandung, 07 Januari 2016

Wassalaamu ‘alaikum Wr. Wb..

Silakan bagikan tulisan ini di akun sosial media Anda supaya teman-teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sebarkan Ucapan Salam, Assalaamu’alaikum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

top