Biasakan Makan dengan Cara yang Baik

Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Ada beberapa hal yang terjadi ketika makan, yaitu proses penghancuran oleh gigi dan pengeluaran enzim saliva dalam air ludah. Enzim saliva akan bekerja pada suhu yang dikondisikan oleh mulut dengan rentang waktu sebanyak 30 kali kunyahan. Proses ini sangat dibutuhkan untuk kelancaran penggilingan makanan di lambung.

Biasakan Makan dengan Cara yang Baik

Ini adalah proses dimana manusia mempunyai andil secara sadar. Setelah di mulut, tidak ada yang mampu mengendalikan proses pencernaan selanjutnya, kecuali sistem yang telah diciptakan Allah. Oleh karena itu turutilah larangan makan makanan dan minum minuman yang panas, karena akan merusak sistem pemanas dalam mulut.

Jangan makan tergesa-gesa. Minumlah sedikit demi sedikit, jangan sekaligus apalagi sambil bernafas karena akan tersedak dan merusak dinding jantung. Hindari makan di area yang terbatas waktunya seperti fast food, warung nasi pinggir jalan dsb. Biasakan makan dengan posisi duduk. Jangan biarkan anak-anak menelan terlalu cepat ketika makan.

Kasihanilah tubuh kita yang dirusak oleh pola makan yang amburadul. Jangan biarkan keturunan kita lemah dan penyakitan karena ketololan kita. Pilihlah makanan yang jelas asal usulnya, halal, punya nilai kalori dan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan lupa beri do'a untuk makanan yang akan dimakan, dan bacalah 'Bismillaahirrohmaanirrohiim' pada awal makan. Berterimakasihlah karena kita bisa menikmati makan.

Itu adalah sebagian dari ungkapan syukur kita kepada Allah, yang telah memberi sistem pencernaan yang normal. Bersyukurlah kita diposisikan sehat.

Alhamdulillahi robbil 'alamin.
Penulis : Kamal Taufik
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url