Pada Kesulitan ada Banyak Kemudahan

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Betapa sangat dekatnya kemudahan, ketika manusia dihampiri kesulitan. Bahkan Allah mengulang pernyataan itu dalam surat Al-Insyirah. Bukan hanya menggunakan kalimat biasa, tapi Allah menyertakan huruf penegas, inna, yang artinya sesungguhnya.

Pada Kesulitan ada Banyak Kemudahan

Jika dianalisis secara harfiyah, kata per kata, kata inna menjadi bukti keseriusan Alloh bahwa pernyataan yang Dia sampaikan kepada manusia adalah benar adanya. Kemudian kata sambung ma’a yang artinya beserta atau bersama digunakan untuk merangkaikan al’ushr atau kesulitan dengan menyisipkan alif lam ma’rifat yang bermakna, kesulitan itu, atau kesulitan yang terdefinisikan secara gamblang, sebut saja kesulitan hidup misalnya.

Bahwa pada kesulitan menjalani hidup yang dirasakan manusia, sejatinya tidak melulu kesulitan, sebab pada rangkaian kesulitan yang dihadapi manusia, terdapat banyak sekali muatan-muatan kemudahan, hal ini bisa kita cermati dari kata yusron yang tidak disisipi alif lam. Artinya kemudahan yang menyertai sebuah kesulitan dibentangkan Alloh secara bersamaan.

Sesungguhnya dalam sebuah kesulitan bersamanya ada banyak pilihan kemudahan. Kesulitan yang dialami oleh manusia pada hakikatnya menjadi sarana untuk menggiring tumbuhnya kepekaan, kecermatan, ketelitian, kecerdasan dan kepandaian manusia menyikapi sebuah persoalan. Ibarat sakit flu yang diderita, maka tersedia berbagai obat dengan ragam merk yang berbeda sebagai pilihan untuk meredakan hingga menyembuhkannya, kita boleh memilih ultraflu, sanaflu, mixagrif atau obat generic lainnya sebagai penawar dan pereda rasa sakit ketika flu, atau kita boleh-boleh saja mendatangi dokter pribadi atau dokter spesialis ahli flu.

Jadi janganlah berkecil hati ketika kita didera atau ditimpa sebuah kesulitan, bersyukurlah karena itu menjadi pembuka jalan memasuki pintu gerbang kemudahan yang lebih banyak disediakan daripada sekedar satu kesulitan yang mendera.

Bukankah sudah Kami lapangkan dadamu, dan Kami cabut beban-beban dosamu, yang begitu teramat memberati sekujur punggungmu, lalu Kami angkat namamu, kebesaranmu, harkat martabat dan derajatmu. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada banyak jalan kemudahan, maka sesungguhnya bersama kesulitan itu terdapat banyak jalan kemudahan. Maka jika engkau telah menyelesaikan satu urusan, bersegeralah menyelesaikan urusan berikutnya. Dan kepada Tuhanmu, tingkatkanlah rasa dan gairah cintamu.

Bandung, 27 Desember 2017

Silakan bagikan tulisan ini di akun sosial media Anda supaya teman-teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pada Kesulitan ada Banyak Kemudahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

top