Kebijakan Brilyan yang Penuh Teladan

Kebijakan Brilyan yang Penuh Teladan

Bismillaahirrahmaanirahiim.

Pada tahun 2018 jumlah Nilai Upah Minimum Kota Rp 3.583.312 telah ditetapkan sebagai UMK Kota Surabaya berdasarkan PP 78 Tahun 2015 yang mengatur pengupahan.yang menyebutkan bahwa kenaikan UMK tahun ini didasarkan pada pertumbuhan ekonomi dan laju inflasi yang ditetapkan BPS.

UMK yang mengalami kenaikan setiap tahun memang sudah menjadi persoalan biasa dan menjadi bahan baku unjuk rasa para buruh secara nasional, namun yang sempat mengelitik hati nurani adalah kebijakan walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang meningkatkan derajat dan harkat marttabat para pengayuh becak dengan mengangkat mereka sebagai petugas kebersihan kota dan petugas keamanan di sejumlah kantor pemerintahan kota Surabaya.

Dan para petugas yang sudah bekerja selama lebih dari 8 bulan ini diberikan gaji UMK Kota Surabaya yang besarannya berjumlah Rp 3.583.312,- Sebuah kebijakan publik yang brilyan dan berdampak pada pengurangan jumlah warga miskin yang asalnya adalah penarik becak, juga mengurangi kepadatan kendaraan di jalan-jalan kota Surabaya.

Becak memang sudah menjadi icon jadul yang seharusnya disimpan menjadi kenangan budaya transportasi, mereka akan kalah dengan hiruk pikuk transportasi massal dan transportasi daring. Tidak seharusnya becak dibudayakan apalagi di kota-kota besar, sebaiknya becak jika akan dilestarikan mestinya menjadi sarana transportasi di lingkungan perumahan dan area kawasan wisata yang sudah tertata dan bertarif tinggi, sehingga tidak memenuhi dan menambah kepadatan dan kemacetan lalu lintas di jalan besar.

Dan APBD ternyata bisa lebih bermanfaat untuk didistribusikan secara proporsional dan cerdas daripada dikorupsi dan dipreteli bertubi-tubi oleh sejumlah oknum pegawai negeri untuk kepentingan pribadi.

Meneguk kopi pahit tanpa gula setiap pagi dan sore juga sebuah sikap bijak, cerdas dan berdampak pada lancarnya peredaran darah di tubuh.

Salam sukses untuk walikota Surabaya

Bandung, 30 Januari 2018

Silakan bagikan tulisan ini di akun sosial media Anda supaya teman-teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kebijakan Brilyan yang Penuh Teladan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

top