Biografi Singkat Syaikh ‘Abdul Ghoffâr ar-Rahmânî

Biografi Singkat Syaikh ‘Abdul Ghoffâr ar-Rahmânî

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Teriring puja puji syukur kepada Allah, dan shalawat serta salam terlimpah pada Baginda Nabi Muhammad ﷺ. perkenankanlah penulis mempublikasikan tokoh-tokoh penulis Islam yang telah memberikan pencerahan kepada umat Islam sedunia. Dan berikut ini penulis ingiin menyampaikan biografi singkat dari Syaikh Abdul Ghoffar Ar-Rahmani yang menulis mengenai sejarah tadwin (pengumpulan) hadits.

Semoga dengan penulisan singkat dan sederhana ini dapat menjadi wasilah do'a yang keberkahannya dapat sampai mengalir kepada tokoh yang biografinya ditulis di sini.

Kelahiran beliau :

Nama beliau adalah ‘Abdul Ghoffar Hasan, putera dari Syaikh al-Hafizh ‘Abdus Sattar Hasan. Beliau lahir pada tahun 1331 H. yang bertepatan dengan tahun 1913 M. di Amripur, sebuah distrik di wilayah Muzhaffarnagar.

Keluarga beliau :

Beliau berasal dari keluarga yang berpegang teguh dengan al-Qur`an dan as-Sunnah. Ayah dan kakek beliau, termasuk anggota keluarga beliau lainnya, termasuk ‘ulama` besar ternama pada zamannya. Diantara mereka adalah murid-murid dari guru besar hadits, Syaikhul Kulli fil-Kulli Mi`an Nazhir Husayn Muhaddits ad-Dihlawi.

Pendidikan beliau :

Syaikh menyelesaikan Dars Nizhami dari Darul Hadits ar-Rahmaniyah di Delhi pada tahun 1933 M. Kemudian beliau melanjutkan studinya di Universitas Lucknow dan Punjab dan selesai pada tahun 1935 dan 1940.

Beliau pernah mengajar di berbagai institusi selama hidupnya. Beliau mengajar hadits, bahasa ‘Arab dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengannya di Madrosah ar-Rahmaniyah selama 7 tahun. Beliau kemudian mengajar di Madrosah Kautsarul ‘Ulūm dan institusi lainnya di sekitar Pakistan, seperti di Lahore, Sialkot, Rawalpindi, Faisalabad, Sahiwal dan Karachi sampai tahun 1964.

Pada tahun 1964, beliau diminta untuk mengajar di Jami’ah Islamiyah Madinah Munawwaroh (Islamic University of Madinah). Beliau mengajar di sana selama hampir 16 tahun. Beliau mengajarkan hadits, ‘ulūmul hadits dan ‘aqidah al-Islamiyah. Selama waktu ini pula, beliau mengajar di Kulliyatu Syari’ah (Fakultas Syari’ah), ‘Ushūlud Din dan Kulliyatul Hadits (Fakultas Hadits).

Kemudian pada tahun 1981 sampai 1985, beliau mengajarkan kitab hadits monumental, Shahih al-Bukhari di Kulliyatu at-Tarbiyah al-Islamiyah (Fakultas Pendidikan Islam), selain ilmuilmu lainnya yang beliau ajarkan.

Usaha Dakwah beliau

Pasca tahun 1985, beliau bekerja di Darul Ifta`(Lembaga Fatwa) ‘Arab Saudi. Hal inilah yang menyebabkan beliau harus bepergian ke berbagai negara dalam rangka dakwah. Diantara negara yang telah beliau kunjungi adalah Uganda, Kenya, Inggris, Bangladesh, dan India

Selama tinggal di Kenya, beliau mendirikan sebuah institusi yang bernama Tsanawiyah dimana beliau mengajarkan berbagai ilmu Islam di sana. Sekembalinya ke ‘Arab Saudi, beliau dikirim kembali ke London, Inggris, dalam rangka membantu dakwah di sana. Beliau mendirikan institusi lain di London yang bernama “The Qur`an dan Sunnah Society” (QSS London).

Guru beliau :

Diantara guru-guru beliau adalah :
• Syaikhul Hadits Syaikh Ahmadulloh.
• Syaikhul Hadits ‘Ubaidillah al-Mubarokfūri (ar-Rahmani)
• Syaikh Nazhir Ahmad al-A’zhami.
• Syaikhul Hadits Syaikh Muhammad Sūrthi (Ustadz Jami’ah ar-Rahmaniyah)

Dan selama beberapa waktu singkat, beliau belajar kepada ‘ulama` besar hadits, ‘Abdurrohman al-Mubarokfūri. [Beliau adalah penulis Tuhfatul Ahwadzi]

Murid beliau :

Diantara murid-murid beliau adalah :
  • Syaikh ‘Abdul Ghafūr Multani (Maktab ad-Da’wah as-Su’udiyah).
  • Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkholi.
  • Syaikh Abu ‘Usamah Salim bin ‘Ld al-Hilali.
  • Al-‘Allamah Ihsan Ilahi Zhahir.
  • Syaikh ‘Abdurrohman Azhar Madani (Lahore).
  • Syaikh ‘Abdulloh (Jami’ah ar-Rasyidiyah).
  • Syaikh Mas’ūd ‘Allam (Alumni Universitas Madinah).
  • Syaikh ‘Abdul Hakim (Jami’ Masjid Ahlul Hadits Rawalpindi).
  • Syaikh Muhammad Basyir Siyalkati (Rektor Darul ‘Ilm Islamabad).
  • Syaikh Muhammad ‘Abdulloh (Darul Qur`an Faishalabad).
  • Syaikh Hafizh Ahmadulloh (Syaikhul Hadits Jami’ah Salafiyah Faishalabad).
Tiga putera beliau, semuanya alumni Universitas Islam Madinah, yaitu Suhaib, Suhail dan Raghib Hasan. Dan masih banyak lagi lainnya...

Karya beliau :

Syaikh adalah seorang penulis ulung dan kemampuan beliau dalam berbagai bahasa adalah bukti akan karya-karya beliau. Selama hidupnya, syaikh menulis sejumlah buku, namun syaikh paling banyak menulis artikel untuk berbagai majalah Ahlul Hadits di India dan Pakistan. Jawaban-jawaban beliau terhadap berbagai macam permasalahan, berkisar mulai dari bantahan, tanggapan dan klarifikasi, yang senantiasa dipenuhi dengan ilmu dan penyandaran yang kokoh terhadap manhaj salaf.

Beliau banyak menulis artikel yang membantah Qadhiyaniyah. Beliau juga menulis buku yang berjudul Qashashul Qur`an untuk pemerintah kerajaan ’Arab Saudi yang dikirimkan untuk Afrika.

Diantara hasil karya tulis beliau adalah :
  • Mukhtarul Ahadits (Seleksi Hadits Pilihan) yang berisi 400 hadits pilihan beserta syarh (penjelasan)-nya secara ringkas.
  • Makanatun Nisa` f il Islam (Status Wanita di dalam Islam)
  • Haqiqotud Du’a` (Hakikat Do’a)
  • Al-Ghulū fid Din (Berlebih-lebihan di dalam Agama)
  • The Greatness of Hadeeth (Keagungan Hadits). Buku ini merupakan harta karun terbesar dalam bidang hadits. Buku ini menyediakan jawaban atas keragu-raguan dan tuduhan para penginkar hadits (Inkarus Sunnah).
Di akhir hayatnya, syaikh tinggal di Pakistan dan hidup sampai usia 90-an. Semoga Alloh membalas atas semua usaha beliau dengan surga-Nya dan merahmati beliau serta mengampuni segala dosa-dosa beliau.

Cimahi, 18 Juni 2020

Penulis : Madyo Sasongko
Referensi: Pengantar Sejarah Tadwin (Pengumpulan) Hadits, Maktabah Abu Salma http://dear.to/abusalma

Silakan bagikan tulisan ini di akun sosial media Anda supaya teman-teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Biografi Singkat Syaikh ‘Abdul Ghoffâr ar-Rahmânî"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

top